Sunday 3 January 2016

Resep: Pastel Vegetarian

Sebagai penggemar cemilan, pastel termasuk di list cemilan favorit saya (listnya sangat panjang btw :p). Tapi pastel yang dijual di luaran hampir semua pasti menggunakan campuran daging atau minimal kaldu daging, untungnya masih ada beberapa restoran vegetarian di Jakarta yang menjual cemilan favorit ini.
 
Lain halnya ketika saya pindah ke singapura, yang ada disini hanya curry puff yaitu pastel yang diisi kentang dengan bumbu kari. Curry puff enak siiih... tapi kok rasanya kangen juga dengan pastel biasa, akhirnya setelah browsing saya menemukan beberapa resep kulit pastel.
 
Dari beberapa resep pilihan pertama saya jatuh ke resep dari Bogasari, alasan saya sederhana karena di-post oleh produsen tepung ternama dan dimasak oleh chef harusnya tingkat keberhasilan tinggi dong... ya kan? Tapi ternyata tidak saudara-saudara! huff... Memang kulit pastel yang dihasilkan lembut dan mudah dipilin cantik, tapi sayangnya tidak renyah dan teksturnya kayak bantet, setelah kurang dari 1 jam kulitnya pun melempem. Kalau iseng mau coba bisa dilihat di link ini (resep kulit pastel mulai dari menit 2:50).
 
Akhirnya saya beralih ke resep lain dari blog ini, hasilnya langsung sukses di percobaan pertama! Kulit pastel renyah dan garingnya pun tahan lama, tapi memang karena lebih berlemak akhirnya untuk memilinnya lebih sulit, but who cares (kecuali untuk jualan yah :p) kalau kata juri masterchef kan it all comes to the flavour (and textures) hohoho...
 
Berikut resep dan cara pembuatannya yang saya modifikasi di bagian isinya:
 
Bahan Kulit Pastel:
  • 350 gram terigu (disarankan protein rendah, tapi tepung biasa juga ok)
  • 1 sdt garam
  • 80 gram margarin
  • 100 cc air
  • 75 cc minyak goreng
Bahan Isi Sayuran:
  • 350 gram kentang (1 buah kentang besar)
  • 60 gram wortel
  • 2 buah telur (rebus lalu bagi menjadi 8 bagian masing-masing)
  • Ham vegetarian (optional)
  • Sohun rebus (optional)
  • Garam, lada, kaldu jamur sesuai selerasuai selera
Cara membuat isi pastel:
  • Potong kentang dan wortel menjadi kotak-kotak kecil lalu tumis hingga empuk.
  • Masukkan sohun rebus, ham vegetarian dan bumbu-bumbu.
  • Jika bumbu sudah meresap, matikan api dan diamkan bahan isi sampai cukup dingin untuk diisikan ke kulit pastel.
Cara membuat kulit pastel:
  • Didihkan air lalu angkat. Masukkan margarin ke dalamnya, aduk hingga meleleh kemudian tambahkan garam dan minyak goreng dan aduk hingga rata.
  • Masukkan bahan cair ke dalam terigu sedikit demi sedikit sampai semua bahan tercampur rata dan adonan tidak menempel di tangan. Tips dari mbak isna, adonan tidak perlu terlalu diuleni, cukup diaduk agar merata, sepertinya tujuannya agar kulitnya lebih 'puffy'
  • Istirahatkan adonan sebentar. Setelah itu bagi menjadi 16 bulatan.
  • Gilas bulatan tersebut menjadi pipih, lalu isi dengan tumisian kentang dan telur lalu pilin pinggirannya.
  • Goreng pastel dengan minyak panas sedang sampai kecoklatan. Ketika menggoreng siram-siram bagian atas pastel dengan minyak agar pastel langsung menggembung.
Hasilnya kulit pastel yang empuk dan renyah! nyaam ^_^
 
Beberapa tips yang bisa saya tambahkan:
  • Untuk menggilas adonan saya hanya menggunakan mug, sedangkan untuk mencetak saya menggunakan tutup mangkok plastik (hasil take-away es cendol LOL) maklumlah karena baru pindah jadi perkakas dapur memang seadanya hahaha...
  • JANGAN sampai kelupaan mencampurkan garam di cairan mentega, ketika membuat ke-sekian kali saya kelupaan dan akhirnya harus menambahkan garam di adonan yang sudah tercampur, alhasil asinnya tidak merata, bahkan sempet kegigit gumpalan kecil garam (kriuuk T_T)
  • Saya pribadi tidak menggilas adonan terlalu tipis supaya garingnya lebih awet meskipun adonan isian agak basah.
  • Cara memilin pastel saya belajar dari link youtube ini
Adonan Kulit

Adonan setelah digilas

Perkakas Andalan

Pastel - sebelum digoreng

Pastel - setelah digoreng

No comments:

Post a Comment